Get Gifs at CodemySpace.com

Salam Pembuka

Rabu, 21 September 2011

Tips Menghindari Keylogger


   Keylogger memang menjadi momok tersendiri bagi kita peselanjar dunia maya di warnet. Bahkan kadang keylogger sendiri disisipkan pada sebuah program yang kita download di internet  sehingga tidak ada jaminan juga kita bakal terhindar dari program yang namanya keylogger ini. Sebenarnya apa keylogger itu? Secara sederhana keylogger dapat diartikan perekam ketikan. Jadi secara tidak langsung apapun yang kita ketik  akan terekam di keylogger ini.
Beberapa keylogger dapat mengirim hasil “rekamannya” ke email, sehingga jika kita menggunakan jasa warnet tentunya sangat rawan. Karena nantinya privacy password kita tentunya dapat terkirim ke email sang “penjahat”. Sebenarnya keylogger ini jika digunakan secara baik akan sangat berguna sekali. Kita dapat mengawasi apapun yang dibuka anak kita, pegawai kita, dan sebagainya. Namun fasilitas ini banyak digunakan orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Meskipun keylogger ini sangat sulit dideteksi namun kita dapat menghindarinya. Beberapa tips beriktu mungkin dapat membantu anda.
1. Gunakan Anti Keylogger
Ada keylogger tentu ada antinya. Ibarat ada virus tentu ada antivirusnya. Anda dapat mencari program/aplikasi tersebut dengan menggunakan fasilitas searching di google.
2. Gunakan virtual keyboard
Untuk menggetikkan password dan email gunakan fasilitas ini. Untuk windows XP bisa dengan klik RUN dan ketikkan: osk.exe
atau jika tidak ada anda dapat mendownload aplikasi tersebut (searching google)
3. Simpan password atau email anda di notepad
Waktu di rumah simpan password dan email anda di notepad, kemudian save notepad tersebut di flashdisk. Jadi ketika anda sampai warnet anda cukup copy paste saja password dan email tersebut. Jadi dapat menghindari adanya pengetikan. Tips ini mungkin agak rawan karena jika anda menyimpan password di notepad mungkin saja bisa dibuka orang lain.
4. Selalu gunakan antivirus terbaru
Yup memang gak ada salahnya kita bawa-bawa antivirus di flashdisk kita. Karena rata-rata keylogger dideteksi sebagai virus oleh antivirus. Apalagi biasanya warnet selalu menggunakan antivirus “seadanya”.

0 komentar:

Posting Komentar